Apa yang menyebabkannya presbiopi dan bagaimana mengobatinya


Presbiopia adalah kehilangan normal kemampuan fokus dekat yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kebanyakan orang mulai memperhatikan efek presbiopia sekitar usia 40 tahun, ketika mereka mulai kesulitan melihat cetakan kecil dengan jelas - termasuk pesan teks di ponsel mereka.

Anda tidak bisa lepas dari presbiopia, bahkan jika Anda belum pernah memiliki masalah penglihatan sebelumnya. Bahkan orang yang rabun jauh akan melihat bahwa penglihatan dekat mereka kabur ketika mereka mengenakan kacamata atau lensa kontak biasa untuk memperbaiki penglihatan jarak.

Perkiraan peneliti bahwa hampir 2 miliar orang di seluruh dunia menderita presbiopia.

Meskipun presbiopia adalah perubahan normal di mata kita seiring bertambahnya usia, ini sering merupakan peristiwa yang signifikan dan emosional karena itu adalah tanda penuaan yang tidak mungkin diabaikan dan sulit disembunyikan.

Di bagian dunia di mana tidak ada akses ke perawatan penglihatan, presbiopia lebih dari sekadar ketidaknyamanan - itu adalah penyebab utama penurunan penglihatan yang mengurangi kualitas hidup dan produktivitas masyarakat.

Gejala presbiopi

Ketika Anda menjadi presbiopik, Anda harus memegang ponsel cerdas Anda dan benda-benda lainnya dan bahan bacaan (buku, majalah, menu, label, dll.) Lebih jauh dari mata Anda untuk melihatnya lebih jelas.

Sayangnya, ketika Anda memindahkan benda lebih jauh dari mata Anda ukurannya semakin kecil, jadi ini hanya solusi sementara dan sebagian sukses untuk presbiopia.

Jika Anda masih dapat melihat objek dekat dengan cukup baik, presbiopia dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan mata dan kelelahan visual yang membuat tugas membaca dan penglihatan dekat lainnya menjadi kurang nyaman dan lebih melelahkan.

Penyebab presbiopi

Presbiopia adalah proses yang berkaitan dengan usia. Ini adalah penebalan bertahap dan hilangnya fleksibilitas lensa alami di dalam mata Anda.

Perubahan terkait usia ini terjadi di dalam protein dalam lensa, membuat lensa lebih keras dan kurang elastis dari waktu ke waktu. Perubahan terkait usia juga terjadi pada serat otot yang mengelilingi lensa. Dengan elastisitas yang lebih rendah, mata sulit untuk fokus pada objek yang dekat.

Berikut perawaratan untuk presbiopi yang disarankan oleh Artria:

Presbiopia dapat diobati dengan kacamata (termasuk kacamata baca ), lensa kontak dan operasi penglihatan .

Kacamata

Kacamata dengan lensa progresif adalah solusi paling populer untuk presbiopia bagi kebanyakan orang di atas usia 40 tahun. Lensa multifokal bebas garis ini mengembalikan penglihatan yang jelas dan memberikan penglihatan yang sangat baik di semua jarak.

Pilihan perawatan presbiopia lainnya adalah kacamata dengan lensa bifocal, tetapi bifokal memberikan jangkauan penglihatan yang lebih terbatas bagi banyak orang dengan presbiopia.

Itu juga umum bagi orang dengan presbiopia untuk melihat mereka menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan silau karena perubahan penuaan di mata mereka. Lensa Photochromic, yang gelap secara otomatis di bawah sinar matahari, adalah pilihan yang baik untuk alasan ini.

Kacamata untuk membaca adalah pilihan lain. Tidak seperti lensa bifokal dan progresif, yang dipakai kebanyakan orang sepanjang hari, kacamata baca hanya dipakai saat dibutuhkan untuk melihat benda dekat dan mencetak kecil dengan lebih jelas.

Jika Anda memakai lensa kontak, dokter mata Anda dapat meresepkan kacamata baca yang Anda kenakan saat lensa kontak Anda berada. Anda dapat membeli kacamata baca di toko ritel kacamata, atau Anda bisa mendapatkan versi berkualitas lebih tinggi yang ditentukan oleh dokter mata Anda.

Apa pun jenis kacamata yang Anda pilih untuk mengoreksi presbiopia, pasti pertimbangkan lensa yang menyertakan lapisan anti-reflektif. Lapisan anti-reflektif menghilangkan pantulan yang dapat mengganggu dan menyebabkan ketegangan mata. Ini juga membantu mengurangi silau dan meningkatkan kejernihan visual untuk mengemudi malam hari.

Lensa kontak

Orang dengan presbiopia juga dapat memilih lensa kontak multifokal, tersedia dalam permeabel gas atau bahan lensa lunak.

Jenis lain dari koreksi lensa kontak untuk presbiopia adalah monovision , di mana satu mata memakai resep jarak, dan yang lain memakai resep untuk penglihatan dekat. Otak belajar untuk memihak satu mata atau yang lain untuk tugas yang berbeda.

Sementara beberapa orang senang dengan solusi ini, yang lain mengeluh ketajaman visual berkurang dan beberapa kehilangan persepsi kedalaman. Karena mata manusia berubah seiring bertambahnya usia, kacamata presbiopia atau resep kontak Anda perlu ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Anda dapat mengharapkan dokter mata meresepkan koreksi yang lebih kuat untuk pekerjaan yang dekat saat Anda membutuhkannya.

Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga:



Subscribe to receive free email updates: